Prinsip-Prinsip Dasar Interaksi Manusia Komputer
Table of Contents
Permasalahan Yang Muncul Hingga Ada IMK :
- Programer tidak dapat memahami secara tepat penggunanya, mis: tentang keinginan dan lingkungan kerja pengguna.
- Sistem komputer mengharuskan pengguna untuk mengingat terlalu banyak informasi.
- Sistem komputer tidak memberikan ruang untuk toleransi kesalahan.
- Para pengguna berbeda dari sebelumnya.
- Para pengguna berbeda satu dengan lainnya.
- Para pengguna berbeda dari kita.
- Memiliki tampilan yang bagus.
- Mudah dioperasikan.
- Mudah dipelajari.
- Pengguna selalu merasa senang setiap kali menggunakan software tersebut.
Prinsip Kerja Sistem Komputer :
Sistem IMKHCIS = Æ’ (h,m,e,i,t)
Dimana:
HCIS = sistem manusia dan komputer
h = subsistem manusia
m = subsistem mesin
e = subsistem lingkungan
i = interaksi manusia dengan sub-sub sistem
t = waktu, lamanya interaksi terjadi
Aplikasi IMK
- Perkantoran
- Kendali proses
- Penerbangan
- Komunikasi
- Desain pekerjaan
- Pelatihan/seleksi
Bidang Studi yang Mempengaruhi Perkembangan IMK
- Software engineering
- Computational linguistics
- Artificial intelligence
- Cognitive science
- Sociology
- Ergonomics
- Anthropology
- Organizational psychology
- Mathematics
- Cognitive psychology
- Social psychology
Piranti Baru Pengembangan Sistem
- Pertama kali dikembangkan oleh MacApp oleh Apple pada pertengahan tahun 1980-an
- Contoh piranti bantu lainnya: Visual dBase, Visual BASIC, Visual J++, Visual C/C++, Borland Delphi, dll
Keuntungan:
- Tampilan/antarmuka yang dihasilkan menjadi lebih baik
- Program antarmuka menjadi mudah ditulis dan lebih ekonomis untuk dipelihara.
Kesalahan Mendasar Programmer
- Desain ini memuaskan saya, berarti juga akan memuaskan setiap orang
- Desain ini memuaskan rata-rata orang, berarti juga akan memuaskan setiap orang
- Manusia begitu amat beragam oleh karenanya tidak ada kemungkinan antar muka yang dapat memuaskan pengguna, tetapi karena sifat manusia yang adaptif sejak awalnya, maka itu tidak akan menjadi masalah
- Faktor ergonomi cukup mahal namun demikian produk-produk aplikasi komputer tetap terjual hanya dengan berdasarkan penampilan dan corak. Jadi pertimbangan ergonomi boleh diabaikan
- Ergonomi merupakan gagasan yang baik. Dalam mendesain sesuatu saya menggunakan pertimbangan ergonomi namun dilakukan berdasarkan intuisi dan menyandarkannya pada selera umum, jadi kita tidak memerlukan tabel data
Post a Comment