Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengenalan Library AndEngine dan Instalasinya Pada Project Android

Bagi teman-teman yang ingin membuat game di platform android, tentu saja menambahkan libray andengine menjadi pilihan yang menarik. Bagi yang belum tahu apa itu andengine, kita perlu kenalan dulu ya! Andengine merupakan salah satu game engine yang memfokuskan pembuatan game berbasis 2D pada platform android. Karena merupakan engine, maka pembuatan game akan semakin mudah dengan disediakan banyak kelas-kelas "tinggal pakai". 


Adapun beberapa fitur yang disediakan oleh library Andengine antara lain : 
  • Opsi grafis seperti resolusi, landscape/ potrait, dan lain-lain
  • Sprite, animasi, dan lain-lain
  • Pengecekan tubrukan (collision)
  • Texture dan font
  • Event touch dan accelerometer
  • Particle dll
Selain beberapa fitur utama diatas, library ini juga dilengkapi dengan berbagai fitur tambahan untuk menambah daya gedor game yang akan dihasikan. Berikut plugins atau tambahan pustaka yang merupakan sub engine dari Andengine :
  • AugmentedRealityExtension
  • LiveWallpaperExtention
  • MODPlayerExtention
  • MultiplayerExtention
  • MultiTouchExtention
  • PhisycsBox2DExtention
  • RobotiumExtention
  • ScriptingExtention
  • ScriptionGeneratorExtention
  • SVGTextureExtention
  • TexturePackerExtention
  • TMTTiledMapExtention
Tentunya dengan begitu banyak Extention yang ada membuat AndEngine menjadi sangat menarik untuk dipelajari. Karena kita bisa membuat game dengan berbagai macam jenis dan kelebihan.

Oke, sebagai langkah awal  kita wajib download terlebih dulu library AndEngine ini. Silakan download disini Download AndEngine. Setelah download selesai, jalankan IDE Android teman-teman.. 


Setelah IDE sudah run, buatlah project baru dengan nama bebas, saya menamainya "AndEngine", karena dibuat untuk ujicoba library AndEngine yang baru saja di download. 


Setelah seluruh proses pembuatan project baru selesai, maka terbentuklah folder project yang kita buat disamping kiri IDE. 


Carilah folder bernama libs pada folder project (tampak pada gambar diatas). Langkah berikutnya adalah copy hasil download AndEngine tadi kedalam folder libs. Yang teman-teman copy adalah andengine.jar lho ya.. bukan andengine.rar. hasilnya seperti ini : 


Langkah terakhir adalah klik kanan pada andengine.jar kemudian pilih Build Path --> Add to Bild Path. Lantas terbentuklah seperti tampilan berikut : 


Oke kawan, pemasangan library Andengine telah selesai sekarang tinggal bagaimana memanfaatkan library ini untuk pembuatan program yang menarik sesuai selera teman-teman. 

Namun, pasti teman-teman banyak yang bingung, Apa yang harus dilakukan untuk menerapkan library ini dalam source code program hingga menghasilkan program tertentu? Okey, untuk menjawab persoalan diatas, maka saya buatkan tutorial khusus bagaimana membuat program berbasis android dengan memanfaatkan library AndEngine sebagai landasannya. Silakan kunjungi postingan lain untuk mempelajarinya... 

Semoga postingan ini bermanfaat kawan... (^_^)


Posted By


Post a Comment for "Pengenalan Library AndEngine dan Instalasinya Pada Project Android"