Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tiga Macam Metode Input Keyboard Pada Pemrograman Java

Sobat Blogger, salah satu syarat agar program yang kita buat bisa interaktif adalah program harus memiliki fasilitas untuk berinteraksi dengan user. Dengan demikian, program akan terasa lebih hidup dan nyaman digunakan. Oleh karena itu, pada posting kali ini saya akan membahas mengenai bagaimana metode-metode input pada pemrograman java. 

Sebelum saya jelaskan lebih jauh, saya akan rewiew sejenak pada pembahasan standar input output yang biasa ditangani oleh pemrograman java : 
  • System.in, berguna untuk menangai pembacaan input user dari keyboard (standar input). standar input inilah yang nantinya bakal kita kupas lebih jauh untuk membentuk berbagai macam metode input keyboard. 
  • System.out, berguna untuk mengirimkan keluaran (output) ke layar (standar output), biasanya dikombinasikan dengan metode println(). 
  • System.err, digunakan untuk mengirimkan pesan kesalahan. Biasanya diletakkan pada Exception Handling. So, sistem ini dikenal dengan sebutan standar error. 
Yups, langsung kita melangkah menuju materi yang kita bahas.

A. Input Keyboard dengan BufferedReader   
Pada bagian ini, kita akan menggunakan class BufferedReader yang berada pada paket java.io untuk menangai input dari keyboard. Input ini bersifat konsole karena tidak menampilkan Graphic User Interface ketika program input dijalankan.  Contoh programnya seperti dibawah ini:

import java.io.BufferedReader;
import java.io.IOException;
import java.io.InputStreamReader;

public class InputBuffer 
{
public static void main(String[] args) {

  BufferedReader input = new BufferedReader(new InputStreamReader(System.in));

        String nama = "";
        String alamat = "";
        String jurusan = "";
        System.out.println("===== Blangko Biodata =====");

        try {
            System.out.print("Nama    : ");
            nama = input.readLine();
            System.out.print("Alamat  : ");
            alamat = input.readLine();
            System.out.print("Jurusan : ");
            jurusan = input.readLine();
        } catch (IOException e) {
            System.out.println("Gagal" + e);
        }

        System.out.println("");
        System.out.println("===== BIODATA =====");
        System.out.println("Nama    : " + nama);
        System.out.println("Alamat  : " + alamat);
        System.out.println("Jurusan : " + jurusan);
}


Output :

Gambar 1. Output implementasi input keyboard dengan BufferedReader

B. Input Keyboard dengan Input Scanner

Sama seperti input Buffered Reader, input scanner ini juga bersifat console, sehingga program run tanpa Frame. Hanya saja, fasilitas input ini disediakan oleh library java.util. So, input jenis ini bisa dijadikan alternatif baru pengganti Buffered Reader, apalagi ditambah dengan code program yang lebih praktis ketimbang BufferedReader. Input ini tidak banyak diketahui oleh programmer beginner, karena rata-rata yang dikenalkan pertama adalah input jenis A dan C. Ini contoh source codenya :

import java.util.Scanner;

public class InputScanner 
{
public static void main(String[] args) {

Scanner input = new Scanner(System.in);
        System.out.println("===== Blangko Biodata =====");
        System.out.print("Nama    : ");
        String nama = input.nextLine();
        System.out.print("Alamat  : ");
        String alamat = input.nextLine();
        System.out.print("Jurusan : ");
        String jurusan = input.nextLine();

        System.out.println("");
        System.out.println("===== Biodata =====");
        System.out.println("Nama    : " + nama);
        System.out.println("Alamat  : " + alamat);
        System.out.println("Jurusan : " + jurusan);

        input.close();
}   
}


Output :

Gambar 2. Output implementasi input scanner

C. Input Keyboard dengan JOptionPane
Input jenis ini sangat populer dan menjadi favorit programmer termasuk saya. Disediakan oleh library javax.swing, input ini menggunakan format tampilan berbasis Graphical User Interface, membuat JOptionPane sangat cocok diterapkan untuk program-program berbasis Frame seperti kebanyakan programmer buat. Selain itu, code program pun begitu singkat, ringkat dan mudah diingat. Berikut contohnya :

import javax.swing.JOptionPane;

public class JOption {
public static void main(String[] args) {

String nama = JOptionPane.showInputDialog(null, "Nama Anda   :");
String alamat = JOptionPane.showInputDialog(null, "Alamat Anda :");
String jurusan = JOptionPane.showInputDialog(null, "Jurusan Anda :");

JOptionPane.showMessageDialog(null, "Nama      : " + nama + "\nAlamat    : " + alamat + "\nJurusan  : " + jurusan);
}   
}


Output :

Gambar 3. Output JOptionPane











Oke, sekian penjelasan singkat saya,, semoga bermanfaat sobat. Silakan kalian dipraktikkan dan kembangkan sesuai kreativitas masing-masing.

Penjelasan via Youtube




Malang, 16 Maret 2014

Posted By



5 comments for "Tiga Macam Metode Input Keyboard Pada Pemrograman Java"

  1. bagus banget artikelnya, tapi untuk orang awam seperti saya... diperlukan penjelasan yang lebih dalam lagi bang broo.. entah dalam arti, fungsi, da contoh2nya. seperti arti dari beberapa kata-kata yang asing dalam pemrograman... thx bang broo artikelnya top banget.. hhehehe

    ReplyDelete
  2. blognya saya bookmark ya, bang broooo :D

    ReplyDelete
  3. saya nyoba yang metode b kok untuk input pada alamat di skip ya? jadi nggk bisa diinputin tahu-tahu langsung keluar outputnya. Mohon penjelasannya terimakasih

    ReplyDelete