Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Membuat Program Kalkulator Standar Dengan Visual Basic (Versi I)

Sobat blogger, posting kali ini saya akan membahas bagaimana membuat kalkulator sederhana. Kurang lebih sama dengan postingan ini Membuat Kalkulator Dengan Java (Versi I). Bedanya kali ini saya memakai bahasa basic memakai editor visual basic 6.0. Mengapa saya namakan versi I, karena kalkulator ini sangat sederhana, hanya mampu menghitung operasi standar meliputi penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian, selain itu, input angkanya pun masih manual, yakni user diwajibkan mengetikkan 2 angka yang akan dihitung melalui keyboard. Berbeda dengan kalkulator modern yang menyediakan berbagai varian tombol pada program kalkulatornya. Output perhitungan akan muncul pada text Field paling bawah bernama Hasil. 

Oleh karena bentuknya yang sederhana, maka kalkulator jenis ini pun banyak mempunyai kelemahan yang mendasar, yakni tidak mempu mengatasi proses perhitungan dengan banyak input angka. Namun, meskipun hanya mampu menangai dua angka input perhitungan, kalkulator ini bisa menjadi project uji coba yang menarik bagi kalian para newbie pemrograman basic. Bagi sobat yang udah master ! tetep istiqomah ngoding biar ilmunya semakin nambah ya. Okey langsung saja. Prosedur pembuatan programnya seperti berikut... 

Pertama, Bukalah Visual Basic sobat, buat project baru dengan tipe Standart Exe.. 



 Lantas, sobat cermati komponen apa yang kira-kira dibutuhkan untuk membuat kalkulator sederhana. Biar gak mikir lama-lama saya kasih bocorannya nih .. 
  1. Komponen Label, untuk menampung text judul textField, antara lain :
    Label Angka Pertama, Angka Kedua, Hasil
  2. Komponen TextField, untuk menampung Input Angka Pertama, Input Angka Kedua, Output Hasil
  3. Komponen Button, untuk mengeksekusi proses perhitungan, yang dibutuhkan antara lain, button perkalian, penjumlahan, pengurangan, pembagian
Pilih komponen yang dibutuhkan, dan geser kedalam form project :


Berikut hasil komponen yang telah tertata pada form, tinggal proses koding saja. 


Untuk mempermudah pengkodingan programnya, usahakan penamaan komponennya sesuai dengan koding saya ya. Tapi kalau beda juga tidak apa-apa kok ..

hasil = penamaan textField untuk menampung output perhitungan
angkaPertama = penamaan textField untuk menampung input angka pertama 
angkaKedua = penamaan textField untuk menampung input angka kedua 
Command1_Click() = button penjumlahan 
Command2_Click() = button pengurangan
Command3_Click() = button perkalian
Command4_Click() = button pembagian 

Masukkan kode program berikut pada setiap button, double klik button dan masukkan kode ini disesuaikan dengan proses operasi perhitungannya. Variabel Val digunakan untuk mengkonfersi tipe Data String ke Integer.  


Hasil output dan ujicoba program kalkulator sederhana versi I.... 



Semoga Bermanfaat Sobat !!! 
Ini, yang mau download project Kalkulatornya... Kalkulator VB

Posted By 








Post a Comment for "Membuat Program Kalkulator Standar Dengan Visual Basic (Versi I)"