Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Animasi Grafika Komputer : " Hiasilah Kegiatan Kita Dengan Berdoa ! "

Dalam rangka memenuhi tugas akhir mata kuliah Praktikum Grafika Komputer semester IV ini, saya bersama satu anggota kelompok lain berkewajiban menuntaskan sebuah animasi sebagai syarat kelulusan. Animasi tersebut dapat kita buat dengan tema bebas namun harus tetap berpegang pada pemrograman java grafika. 

Setelah saya diskusikan dengan anggota kelompok saya, saya memutuskan untuk membuat animasi yang bersifat mendidik, serta menyuguhkan pesan-pesan yang bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari. Animasi tersebut bertemakan "Hiasilah Kegiatan Kita Dengan Berdoa". 

Latar Belakang Masalah

Rasulullah pernah bersabda bahwa “Doa adalah senjata orang mukmin dan pilar agama serta cahata langit dan  bumi” (HR. Abu Ya’la). Hadits tersebut menekankan kepada kita umat islam pentingnya berdoa dikala melakukan aktifitas apapun. Namun pada kenyataan dalam kehidupan, kita sering melalaikannya, bahkan sampai mengacuhkannya. Oleh karenanya kami berniat menciptakan sebuah animasi pembelajaran tentang pentingnya berdoa dalam beraktifitas agar penonton animasi tersebut mendapatkan sebuah motivasi, pencerahan dan dorongan untuk membiasakan diri mengamalkan doa dalam setiap aktifitas mereka.

Deskripsi Program

Animasi berikut menceritakan dua orang pegawai yang memilki kebiasaan berbeda ketika memulai pekerjaan mereka. Salah seorang pegawai dengan keacuhannya enggan untuk memulai pekerjaan dengan berdoa, bahkan dia meniati pekerjaannya agar menjadi orang sukses dan kaya raya. Namun, pegawai satunya memiliki sifat yang  karimah, yaitu senantiasa membiasakan berdoa kepada Allah agar pekerjaan yang dijalaninya dapat dijadikan amal ibadah baginya serta agar mendapatkan kemudahan dan pertolongan Allah di setiap pekerjaan yang dilaluinya. 

Dampaknya sungguh berbeda, pegawai yang tidak berdoa mengalami kesulitan yang luar biasa dalam menjalani pekerjaan, bahkan pekerjaan yang dijalaninya membuatnya semakin frustasi dan stress. Sedangkan, pegawai yang membiasakan diri untuk berdoa mendapatkan kemudahan dan berbagai pencerahan dalam menjalani tugasnya. Ia meyakini bahwa kemudahan yang ia peroleh adalah bentuk rahmat Allah yang ia dapatkan karena membiasakan diri selalu berdoa. 

Di akhir bagian animasi, muncul pesan-pesan berupa hadist Rasulullah tentang keutamaan berdoa serta nasihat untuk senantiasa berdoa agar mendapatkan rahmat dan pertolongan Allah.


Screen Shoot Program






























































































































































Bagi teman-teman yang menginginkan pemutaran animasi secara utuh, dapat mendownload projek JAR saya berikut ini, Grafika Komputer... 


Sekian, semoga memberikan manfaat bagi kita semua, Amin... 


Posted By




Post a Comment for "Animasi Grafika Komputer : " Hiasilah Kegiatan Kita Dengan Berdoa ! ""