Rancang Bangun Aplikasi Game Ular Tangga Berbasis Dekstop Dengan Java

Table of Contents

Aplikasi ini saya buat sekitar akhir semester IV lalu, tepatnya ketika 'dipaksa' dosen membuat sebuah aplikasi berbasis object oriented dengan java sebagai syarat mutlak mengikuti ujian akhir semester untuk mata kuliah Pemrograman Berorientasi Objek. Kebanyakan dari teman-teman saya satu kelas langsung menyodorkan proyek Java OOP untuk sistem informasi berbasis dekstop. Tapi saya ogah ikutan, bukan tanpa alasan saya tidak ikut-ikutan membuat proyek sistem informasi, sejujurnya saya menganggap proyek sistem informasi dengan java dekstop sudah sangat biasa (ciee, sok banget). Saya ogah mengikui yang udah lazim, jadinya saya memberanikan diri mengajukan proyek fantastis. Membuat game ular tangga, yang saya sendiri belum paham algoritma inteligensinya. Akhirnya, dengan ucapan 'bismillah' saya memberanikan diri membuat game ular tangga dengan algoritma prosedural, yang pastinya dibumbui dengan berbagai metode Java OOP, karena itu yang diminta. Saya ditemani oleh kawan saya satu kelompok Syaifudin Anshori, yang sama minta sebagai desainer game, sedangkan saya yang betah-betahin ngoding seminggu untuk merampungkan proyek ini. 

Latar Belakang 

Banyaknya anak Indonesia yang bermain ular tangga membuat permainan ini menjadi sangat populer di masyarakat. Permainan ini bisa jadi sangat tenar dikalangan anak kecil zaman dahulu, kini permainan ini, meski telah dikemas lebih modern menggunakan berbagai petak dengan ukuran berbeda serta bidak dengan tambahan magnet, namun keberadaannya sudah semakin menghilang.
Permainan ini masuk kedalam kategori “board games” seiring dengan munculnya monopoli, halma, ludo dan sebagainya. Bisa dilihat bahwa permainan ular tangga tradisional ini ringan ( mudah dimengerti ), sederhana peraturannya, mendidik dan menghibur anak-anak dengan cara yang positif dan sangat interaktif.

Seiring dengan majunya era berbasis digital, maka berbagai aktivitas yang sebelumnya hanya dapat dilakukan secara manual dalam kehidupan nyata kini bias dihadirkan dalam bentuk computer. Salah satunya adalah kegiatan bermain game. Game yang sebelumnya hanya dapat dimainkan dengan mempraktekkan secara langsung di kehidupan nyata kini dengan lebih menarik dapat dialih tempatkan menjadi permainan berbasis computer. Game yang dialih fungsikan menjadi game computer tidak terlelu mengurangi substansi jalannya game, dan  Pastinya, banyak kelebihan yang didapatkan, salah satunya adalah kemudahan, keergonomisan, tidak memakan tempat, dan lebih murah. Game yang saya pilih adalah Game Ular Tangga, karena game ini adalah salah satu game yang paling banyak dimainkan oleh anak-anak secara manual menggunakan lembaran papan permainan, bidak, dan dadu. Saya berkeyakinan, game ini tidak kalah menariknya apabila dialih tempatkan menjadi game komputer.

Analisis dan Perancangan Sistem 

  • Use Case Diagram 



  • Class Diagram


  • Activity Diagram





Hasil Aplikasi Game Ular Tangga Berbasis Dekstop

  • Splash Screen



  • Tampilan Utama



  • Tampilan Petunjuk Permainan



  • Tampilan Tentang



  • Mulai Permainan 

Tampilan ketika memulai permainan, sebelum mengajak dadu. 


Ketika mulai pengacakan, bidak android akan maju lebih dulu, disusul dengan bidak linuk. Masing-masing bidak akan maju sesuai dengan hasil nilai dadu yang diacak. 


Hasil permainan, setelah beberapa kali pengacakan dadu


Penutup

  • Kesimpulan

Permainan ular tangga berbasis java desktop ini kami buat sebagai bentuk alternative media permainan selain permainan ular tangga manual yang dimainkan dalam kehidupan nyata. Dan kami berharap permainan ular tangga berbasis java desktop ini dapat menjadi sumbangan bagi wahana keilmuan mahasiswa dan dapat dikembangkan lagi dikemudian hari

  • Saran

Kami mengakui bahwa permainan ular tangga kami ini sangat jauh dari sempurna, oleh karenanya kami menyarankan bagi para Mahasiswa yang kiranya memiliki kesempatan dan pengetahuan lebih untuk mengembangkan permainan kami ini menjadi lebih baik lagi. Semoga dapat memberikan manfaat. 

Jika teman-teman membutuhkan source code-nya, segera hubungi kami. 

Ini ada video demo programnya dari kami, silakan lihat





Salam Hangat 


27 comments

Terima kasih telah mampir di blog kami. Jika ingin menghubungi penulis, silakan kirim pesan via email di kitainformatika@gmail.com atau via WA di 087750503014. Jika mood penulis lagi baik, biasanya fast respon.
Comment Author Avatar
March 21, 2015 at 12:51 PM Delete
trima kasih ilmunya, sangat menginspirasi :)
Comment Author Avatar
March 21, 2015 at 1:13 PM Delete
boleh minta exe nya ga? makasih
Comment Author Avatar
March 21, 2015 at 2:38 PM Delete
Boleh, akan saya cantumkan saja link exenya dipostingan...
Comment Author Avatar
November 9, 2015 at 10:05 PM Delete
blh mnta file mentahnya mas ?
Comment Author Avatar
November 10, 2015 at 4:13 AM Delete
pada bagian akhir postingan suda saya cantumkan link download mas, tinggal sedot aja
Comment Author Avatar
January 18, 2016 at 3:03 PM Delete
ka abd charis fauzan, untuk pengacakan dadunya dalam game nhe, pakai metode ngak dalam pengacakan dadunya?
terimakasih
Comment Author Avatar
January 18, 2016 at 4:10 PM Delete
Belum saya kasih metode, sistem pengacakan dadu saya buat menggunakan random bawaan java. Jadi ketika user meng-klik acak dadu, maka sistem java akan merandom ulang, begitu seterusnya
Comment Author Avatar
March 3, 2016 at 3:23 PM Delete
terimakasih sebelumnya ka abd charis fauzan. oy, untuk game ini menggunakan berapa pemain? pemain lawan pemain atau pemain lawan komputer?
terimakasih sebelumnya
Comment Author Avatar
March 3, 2016 at 8:50 PM Delete
Masih 2 pemain, dan keduanya harus digerakkan user, bukan komputer
Comment Author Avatar
March 31, 2016 at 12:10 PM Delete
Boleh minta data mentahnya.
Comment Author Avatar
April 1, 2016 at 8:30 AM Delete
Bagian akhir postingan, sudah saya kasih link downloadnya
Comment Author Avatar
August 17, 2016 at 8:00 PM Delete
Mas mau tanya , cara membuat perpindahan char nya itu gimana ya ? biar nggak langsung nge blink ?
Comment Author Avatar
August 18, 2016 at 10:08 AM Delete
seret aja posisi x atau y masing-masing karakter
Comment Author Avatar
August 18, 2016 at 6:35 PM Delete
Cara nyeretnya itu gimana ya ?
Comment Author Avatar
August 19, 2016 at 7:16 AM Delete
Download aja source code-nya gan, bisa niru disitu
Comment Author Avatar
August 22, 2016 at 10:56 AM Delete
codenya bagian mana ya ? saya kurang ngerti
Comment Author Avatar
September 14, 2016 at 8:23 AM Delete
untuk plugin javazoomnya mnta mntahanya?
Comment Author Avatar
September 14, 2016 at 2:47 PM Delete
plugin apa yang dimaksud! saya tak pakai plugin apa-apa
Comment Author Avatar
May 11, 2017 at 8:19 PM Delete
bro itu pakai sistem ai gak?
kalo apake sistem kecerdasan apa yang dibuat disitu??
Comment Author Avatar
July 16, 2017 at 3:55 PM Delete
mas, ini waktu saya open file di netbeans kok muncul tulisan harus resolve karena missing, ada 2 mas :
1. "jl1.0.1.jar"file/folder could not be found (in Ular Tangga)
2. "UsuLibrary.jar" file/folder could not be found (in Ular Tangga)

gimana solusinya mas ?? tolong pencerahannya
Comment Author Avatar
July 16, 2017 at 3:55 PM Delete
mas, ini waktu saya open file di netbeans kok muncul tulisan harus resolve karena missing, ada 2 mas :
1. "jl1.0.1.jar"file/folder could not be found (in Ular Tangga)
2. "UsuLibrary.jar" file/folder could not be found (in Ular Tangga)

gimana solusinya mas ?? tolong pencerahannya
Comment Author Avatar
November 13, 2017 at 8:06 AM Delete
This comment has been removed by the author.
Comment Author Avatar
November 13, 2017 at 8:10 AM Delete
boleh minta source code nya mas, itu pakai algoritm struktur data nggk mas ? arraylist atau linkedlist gitu . makasih mas
Comment Author Avatar
November 29, 2017 at 9:16 AM Delete
Boleh boleh
Comment Author Avatar
Anonymous
December 19, 2017 at 9:06 AM Delete
boleh minta source codenya mas,untuk referensi tugas :)
Comment Author Avatar
December 19, 2017 at 2:04 PM Delete
Usaha sendiri dulu gan... hahaha
Comment Author Avatar
December 11, 2018 at 1:58 PM Delete
mas boleh minta source codenya?