Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Rekomendasi Jadwal Rapat Menggunakan Algoritma Exhaustive Search

Exhaustive Search adalah suatu teknik pencarian solusi secara brute force pada masalah yang melibatkan pencarian elemen dengan sifat khusus antara objek-objek kombinatorik seperti permutasi, kombinasi, atau himpunan bagian dari sebuah himpunan.



Langkah-langkah metode exhaustive search dapat dirumuskan sebagai  berikut: 
  1. Enumerasi (list) setiap solusi yang  mungkin secara sistematis
  2. Evaluasi setiap kemungkinan solusi satu per satu mungkin  ada beberapa solusi yang kurang layak dikeluarkan, dan  disimpan solusi yang terbaik.
  3. Bila pencarian berakhir, umumkan solusi terbaik.    
Jika diamati, langkah-langkah algoritma ini mirip dengan metode pencarian Generate and Test. Generate and Test akan memeriksa satu per satu seluruh solusi yang mungkin kemudian menentukan solusi mana yang terbaik. Kelemahan metode ini adalah besarnya cost dan time yang diperlukan untuk data kompleks. 

Kali ini, pembahasan bukan pada teori algoritma exhautive search. Langsung fokus ke implementasi algoritma exhautive search untuk rekomendasi jadwal rapat. Sebagai studi kasus, dilakukan pencarian rekomendasi jadwal rapat untuk dosen. Hal ini menarik karena algoritma harus menentukan solusi terbaik jadwal rapat yang tidak bentrok dengan jadwal mengajar dosen. Atau jika bentrok dengan jadwal mengajar dosen, sistem harus mencari solusi terbaik dengan tingkat bentrok yang paling minimum. Mengapa harus menggunakan sistem untuk atur jadwal rapat dosen? Coba bayangkan, seandainya di suatu prodi hanya ada 6 dosen dan puluhan jadwal mengajar, mungkin saja mampu menentukan jadwal rapat secara manual. Bagaimana jika sebaliknya, ada puluhan dosen dan ratusan jadwal mengajar. Apa kaprodinya tidak pusing menentukan jadwal rapat?

Gambar 1. Alur sistem (Rizqi, 2020)

Gambar 1 menggambarkan alur kerja sistem dari input hingga output.



Post a Comment for "Rekomendasi Jadwal Rapat Menggunakan Algoritma Exhaustive Search"