Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memahami Istilah-Istilah Penting dalam Logika Fuzzy

Memahami suatu konsep keilmuan tidak lepas dari memahami istilah penting yang ada didalamnya. Terkadang tidak langsung ke pengertian istilah, melainkan ke pengertian secara bahasa. Maka dalam konteks logika fuzzy, pengertian secara istilah jauh lebih penting daripada hanya pengertian secara bahasa. Berikut ini istilah-istilah penting dalam logika fuzzy:

a. Variabel Fuzzy

Variabel fuzzy merupakan variabel yang hendak dibahas dalam sistem fuzzy. Contoh: Umur, temperatur, permintaan, dll. 

b. Himpunan Fuzzy

Himpunan fuzzy merupakan suatu kelompok yang mewakili kondisi atau keadaan tertentu dalam suatu variabel fuzzy. Contohnya, variabel temperatur terbagi menjadi 5 himpunan fuzzy, yakni DINGIN, SEJUK, NORMAL, HANGAT, dan PANAS. 

sampai disini semoga bisa dipahami ya. Saya lanjutkan

c. Semesta Pembicaraan

Semesta pembicaraan adalah keseluruhan nilai yang diperbolehkan untuk dioperasikan dalam variabel fuzzy. Nilai semesta pembicaraan dapat berupa bilangan positif ataupun negatif. Bahkan adakalanya nilai semesta pembicaraan ini tidak dibatasi maksimumnya. Contoh mudahnya, semesta pembicaraan untuk variabel umur adalah [0 takterbatas]. Maksdudnya, mulai dari 0 hingga nilai yang tidak dibatasi. 

d. Domain

Istilah domain disini berbeda jauh dengan domain pada dunia website ya! Domain adalah keseluruhan nilai yang diizinkan dalam semesta pembicaraan dan boleh dioperasikan  dalam himpunan fuzzy. Contoh:

MUDA = [0 45]

DINGIN = [0 20]

PANAS = [30 40]

Baiklah, anda sudah memahami beberapa istilah penting dalam logika fuzzy. Sementara itu dulu. Saya update kembali lain waktu. Semoga bermanfaat. 

 

Post a Comment for "Memahami Istilah-Istilah Penting dalam Logika Fuzzy"