Tutorial Seputar CMS Wordpress: Dari Localhost Hingga Diakses Online

Table of Contents

Apakah anda pernah mendengar slentingan seputar apa itu CMS? Semoga pernah dengar. Saya beberapa kali ngoceh di depan mahasiswa, intinya begini,

"Jika kalian tidak pede dengan skill pemrograman web. Maka, keahlian tentang CMS tidak boleh dilewatkan. Alasannya, meski tidak ahli bikin web pakai HTML, CSS, JavaScript hingga PHP, minimal dengan CMS, kalian masih bisa berbangga diri bisa menghasilkan web yang kualitasnya tidak kalah menarik. Mudahnya, CMS adalah mie instannya website. Pertimbangan lain, orang yang pesan web ke kalian, mereka pun tidak mau tahu proses bikin webnya seperti apa, yang penting, web-nya jadi dan bisa diakses online, benar tidak?", tanya saya. 

"Benar, Pak", jawab mahasiswa kompak. 

"Oke, sip, mari belajar CMS".

Saya jadi semangat untuk membuat tutorial berseri, seputar CMS Wordpress. Mulai dari teori CMS, pemilihan CMS Wordpress, instalasi, kustomisasi, cara beli domain dan hosting hingga cara unggah CMS Wordpress ke hosting.

Di zaman kekinian, ilmu pengetahuan, selain bisa dituliskan ke blog juga bisa direkam dan kumpulkan di akun youtube. 

Berikut ini secara berurutan, kumpulan tutorial berseri tentang CMS Wordpress. Kurang lebih ada tujuh video yang saya unggah di akun Youtube. 


1. Mengenal Apa itu CMS


2. Instalasi CMS Wordpress di Server Lokal XAMPP



3. Jelajah Fitur dan Kustomisasi CMS Wordpress (Bagian 1)



4. Jelajah Fitur dan Kustomisasi CMS Wordpress (Bagian 2)



5. Mengenal Domain dan Hosting



6. Bagaimana Cara Beli Domain dan Hosting Murah?



7. Mudah! Begini Cara Unggah Mengonlinekan Website



Demikian, semoga bermanfaat ya!

Post a Comment