Mengenal Digital Work Sebagai Simulator Elektronika

Table of Contents
Pernah menggunakan software digital work belum? atau minimal pernah mendengar ? Barangkali bagi mahasiswa yang berkutat dalam bidang elektronika, software ini sudah tidak asing untuk digunakan. Saya pun baru mengenalnya ketika praktikum rangkaian digital awal semester III lalu. Sengaja saya tuliskan tentang pengenalan digital work sebagai simulator elektronika mengingat sedikitnya sumber referensi buat belajar materi ini di dunia maya.



Karena ukurannya yang kecil (< 2 MB), menjadikan software ini ringan untuk dijalankan dan tidak memakan banyak harddisk. Jika teman-teman membutuhkan, bisa kalian download disitus www.electronics-lab.com

Berikut tampilan awalnya 


Fitur-fitur yang ditawarkan antara lain :

  1. Komponen gerbang dasar (AND, OR, NOT, NOR, XOR)
  2. Komponen D-FF, JK-FF dan RS-FF
  3. Komponen Integrated Circuit
  4. Makro untuk membuat komponen IC
  5. Time diagram
Cocok sekali kiranya software ini dimiliki oleh semua kalangan yang menginginginkan elekronika digitalnya tidak direpotkan dengan papan digital trainer dan berbagai IC yang wajib dipunyai. Cukup menggunakan Digital work sebagai simulator untuk berbagai jenis rangkaian. 


Getting Start With Digital Work 

Awal-awal saya belajar digital work dulu, saya sempat bingung, tanya temen sama-sama gak bisa, tanya mbah google, eh jarang sekali sumber belajar digital work yang bisa saya pelajari. Atas dasar itulah saya bertekad menularkan ilmu saya agar teman-teman yang saat ini juga bingung seperti saya bisa terbantu. 

Okey, sebagai awal coba-coba kita dengan digital work, kita akan membuat rangkaian sederhana, yakni merangkai gerbang logika dasar dan tabel kebenarannya. 


Perhatikan berbagai toolbar diatas. Teman-teman bisa lihat langsung di digital work masing-masing. Bagian yang saya beri kotak hitam adalah berbagai gerbang yang ada dalam rangkaian digital. Dari kiri : Gerbang OR, Gerbang Not OR, Gerbang XOR, Gerbang XNOR, Gerbang NOT, Gerbang AND, Gerbang Not AND,Tri State Device. 

Setelah mengetahui berbagai gerbang, kita menuju tool yang kita perlukan untuk merangkai. yaitu : 


Dari kiri : 
  • Interactive Input, semacam masukan (saklar). Kita membutuhkan minimal 2 input untuk membuat rangkaian
  • Light Emitting Diode (LED), lebih mudah kita menyebutnya output, terdiri atas 2 macam, output berlogika 1 (hidup / high) atau berlogika 0 (mati / low)
  • Simbol A menegaskan Annotation (catatan) yang dapat kita gunakan untuk memberikan keterangan
  • Terakhir adalah Wiring tool, lebih mudah kita menyebutnya kabel
Yupz, cukup itu dulu tool - tool yang kita pelajari sebagai dasar ya? sekarang kita terapkan dalam sebuah rangkaian. 

A. Membuat Rangkaian AND

Buatlah rancangan rangkaian seperti berikut. Terdiri atas : Annotation, LED, 2 Input, dan Gerbang AND. 


Setelah itu, kita berikan kabel penghubungnya, jadi akan terbentuk rangkaian seperti berikut :






Masalahnya sekarang, bagaimana menyalakan inputnya ? LEDnya pun gak bakal bisa hidup dong !

 Okey, perhatikan lagi tool berikut : 



Untuk Menghidupkan Input, kalian perlu mengganti kursor dengan yang bergambar tangan diatas. Anggap saja memang tangan sungguhan. Seperti tangan kita sehari-hari yang menghidupkan saklar lampu. 


Lho? kok masih gak hidup LEDnya ? 
Temen-temen perlu mencermati tool yang mirip music player diatas. 
Ada tool untuk Play, Stop, Pause. 

Setelah menghidupkan input dengan kursor hand, maka kita wajib klik tool play diatas. Maka lampu LED pun akan menyala. 


Oh iya, agar lebih mudah memahami, setiap input saya beri nama, karena ada 2 input, maka saya beri nama A dan B. seperti gambar disamping. Setelah rangkaian gerbang AND jadi. Tinggal kita buat Tabel kebenarannya saja. 




Untuk gerbang logika yang lain, silahkan teman-teman coa sendiri buat latihan. Demikian apa yang bisa saya tuliskan, semoga bermanfaat bagi teman-teman. Mohon kritik dan sarannya sebagai masukan kepada saya. Terima Kasih .. (^_^)



Posted By 

1 comment

Terima kasih telah mampir di blog kami. Jika ingin menghubungi penulis, silakan kirim pesan via email di kitainformatika@gmail.com atau via WA di 087750503014. Jika mood penulis lagi baik, biasanya fast respon.
Comment Author Avatar
October 6, 2016 at 7:52 AM Delete
jam dindingnya keren gan