Aplikasi Garis Acak Berbasis Android Dengan Library AndEngine

Table of Contents
Baiklah sobat blogger, kali ini saya akan menjelaskan cara membuat aplikasi berbasis android. Aplikasi tersebut adalah aplikasi objek primitif (sederhana) yaitu garis acak. Namun, agar lebih mudah maka saya memakai AndEngine, Apa itu AndEngine? AndEngine merupakan salah satu game engine yang memfokuskan pada pembuatan game berbasis 2D di platfrom Android. Nah, karena sudah merupakan engine, maka pembuatan game pun nantinya akan dipermudah. Untuk lebih lengkapnya bisa sobat kunjungi Pengenalan Library AndEngine dan Instalasinya Pada Project Android

Okey, kita lanjutkan pembuatan aplikasi garis acak memanfaatkan AndEngine. Pertama, sobat buat dulu project barunya. Nama projectnya terserah sobat, saya memakai nama "GarisAcak", biar sepadan sama aplikasi yang bakal dibuat


Dilanjutkan dengan penentuan icon aplikasi. Silakan ditentukan sesuka hati. 


Setelah proses pembuatan project baru selesai, jangan lupa menambahkan library AndEnginenya ya, ini sangat penting, karena library inilah yang menyediakan kelas-kelas tertentu yang kita perlukan nanti. Bila sobat belum tahu cara memasang AndEngine. Pelajari dulu disini Pengenalan Library AndEngine dan Instalasinya Pada Project Android

Jika proses pemasangan AndEngine dan Build Pathnya terpenuhi, langsung saja kita lanjutkan proses penulisan source code Untuk itu, buka MainActivity.java  


Lantas ketikkan source code seperti dibawah ini, sebagai saran, usahakan jangan hanya di copy paste sobat, ketikkan semua secara manual agar mengetahui proses source codenya, dan yang terpenting kita jadi terbiasa juga jemari kita bakal hafal untuk mengetikkan code. 

import java.util.Random;


import org.anddev.andengine.engine.Engine;
import org.anddev.andengine.engine.camera.Camera;
import org.anddev.andengine.engine.options.EngineOptions;
import org.anddev.andengine.engine.options.EngineOptions.ScreenOrientation;
import org.anddev.andengine.engine.options.resolutionpolicy.*;
import org.anddev.andengine.entity.primitive.Line;
import org.anddev.andengine.entity.scene.Scene;
import org.anddev.andengine.ui.activity.BaseGameActivity;
import android.os.Bundle;
import android.app.Activity;
import android.view.Menu;

public class MainActivity extends BaseGameActivity {
 
 private Scene scene ;
 private int LEBAR_CAMERA = 480 ;
 private int TINGGI_CAMERA = 320 ;

 public Engine onLoadEngine() {

  final Camera camera = new Camera(0,0,LEBAR_CAMERA,TINGGI_CAMERA) ;

  return new Engine(new EngineOptions(true, ScreenOrientation.LANDSCAPE, new RatioResolutionPolicy(480,320),camera));
 }

 public void onLoadResources() { 
  
 }
 public Scene onLoadScene() {
  
  scene = new Scene() ;
  final Random random = new Random(1234567890) ;
  for (int i = 0 ; i < 100 ; i++)
  {
   final float x1 = random.nextFloat() * LEBAR_CAMERA ;
   final float x2 = random.nextFloat() * LEBAR_CAMERA ;
   final float y1 = random.nextFloat() * TINGGI_CAMERA ;
   final float y2 = random.nextFloat() * TINGGI_CAMERA ;
   
   final Line line = new Line(x1,x2,y1,y2) ;
   line.setColor(
     random.nextFloat(), 
     random.nextFloat(),
     random.nextFloat()
     ) ;
   scene.attachChild(line) ;
  }
  return scene;
 }

 public void onLoadComplete() {
  
  
 }

}


Hasil run aplikasi garis acak berbasis android dengan library AndEngine



Sekian Sobat, Semoga bermanfaat ya... 


Posted By 



Post a Comment