Analisa Framework GERAM (Bagian II)

Table of Contents

2.    Enterprise Entity Type Concept




Tipe 1 entitas akan selalu memulai penciptaan entitas tingkat yang lebih rendah dengan mengidentifikasi tujuan, ruang lingkup dan tujuan untuk entitas tertentu. Pengembangan dan pelaksanaan entitas perusahaan baru (atau unit bisnis baru) kemudian akan dilakukan oleh tipe 2 entitas, sedangkan tipe 3 entitas akan bertanggung jawab untuk pengembangan dan pembuatan produk baru (tipe 4 entitas). Dengan kemungkinan pengecualian dari tipe 1 entitas semua entitas perusahaan akan memiliki siklus hidup entitas-terkait. Namun, selalu tahap operasional dari siklus entitas-hidup di mana entitas yang lebih rendah didefinisikan, diciptakan, dikembangkan dan dibangun. Operasi itu sendiri didukung oleh metodologi yang terkait untuk rekayasa perusahaan, operasi perusahaan, pengembangan produk dan dukungan produksi.

Terdapat lima entitas yang dapat diidentifikasi :Terdapat lima entitas yang dapat diidentifikasi :
  • Strategis Enterprise Management Entity ( tipe 1 ) Entitas ini mendefinisikan kebutuhan   dan mengawali setiap upaya rekayasa perusahaan.
  • Rekayasa Enterprise / Integrasi Entity ( tipe 2 ) Entitas ini menyediakan sarana untuk melaksanakan entitas perusahaan type 1. Perusahaan ini menggunakan metodologi (tipe 5 entitas ) untuk mendefinisikan , merancang, melaksanakan dan membangun operasi entitas perusahaan ( tipe 3 entitas ). 
  • Enterprise Entity ( tipe 3 ) Entitas ini merupakan hasil dari operasi entitas tipe 2 . Menggunakan metodologi ( entity type 5 ) dan sistem operasional yang disediakan oleh entitas tipe 2 untuk mendefinisikan , desain , melaksanakan dan membangun produk ( jasa ) dari perusahaan (tipe 4 entitas ) .
  • Entitas Product (tipe 4 ) Entitas ini merupakan hasil dari operasi entitas tipe 3 . Ini mewakili semua produk ( jasa ) dari perusahaan .
  • Metodologi Entity (tipe 5 ) Entitas ini merupakan metodologi yang akan digunakan dalam setiap jenis entitas perusahaan .

3.     Enterprise Modeling Concept

Enterprise Modeling Concept menyediakan model proses operasi perusahaan . Pemodelan berorientasi proses memungkinkan untuk mewakili operasi entitas perusahaan dan jenis entitas dalam segala aspeknya, seperti  : fungsional , perilaku , informasi , sumber daya dan organisasi. Model yang dapat digunakan untuk mendukung keputusan dengan mengevaluasi alternatif operasional atau didorong model kontrol operasi dan pemantauan.

4.     Modeling Laguage Concept

Modeling language Concept meningkatkan efisiensi pemodelan perusahaan . Selain itu mereka memungkinkan representasi umum dari operasi perusahaan . Bahasa Pemodelan harus mengakomodasi pengguna yang berbeda dari model enterprise , misalnya , pengguna bisnis , desainer sistem , dan spesialis IT - modeling .

Modeling language Concept harus mendukung pemodelan semua jenis entitas di semua fase siklus hidup masing-masing . Selain itu, bahasa pemodelan harus menyediakan konstruksi generik serta konstruksi makro ( GEMS ) dibangun dari yang generik . Yang terakhir akan lebih meningkatkan produktivitas modeling .

5. Enterprise Enginering Methodologies (GEEM)

Sebenarnya tahapan –tahapan dalam GEEM memiliki arti yang sama dengan GERA. Generic Enterprise Engineering Methodologies ( GEEM ) menggambarkan proses integrasi perusahaan dan, menurut kerangka Geram ( lihat gambar) , akan menghasilkan model operasi perusahaan . Metodologi ini akan memandu pengguna pada tugas rekayasa pemodelan enterprise dan integrasi . Metodologi yang berbeda mungkin ada yang akan memandu pengguna dengan melalui tugas yang berbeda yang diperlukan dalam proses integrasi.


6. GEML ( Generic Enterprise – modeling language )

Generic Enterprise – modeling language ( GEML ) mendefinisikan konstruksi generik ( blok bangunan ) untuk pemodelan perusahaan . Konstruksi generik yang mewakili unsur-unsur yang berbeda dari operasi meningkatkan baik efisiensi pemodelan dan pemahaman model .

Konstruksi ini harus disesuaikan dengan kebutuhan yang berbeda dari orang-orang yang menciptakan dan menggunakan model enterprise . Oleh karena itu bahasa yang berbeda mungkin ada yang mengakomodasi pengguna yang berbeda ( misalnya pengguna bisnis , perancang sistem , pemodelan IT spesialis , orang lain )

7.    Generic Enterprise – Modeling Tool (GEMT)

Generic Enterprise – Modeling Tool ( GEMT ) mendefinisikan implementasi umum dari metodologi integrasi perusahaan dan bahasa pemodelan dan dukungan lainnya untuk penciptaan dan penggunaan model enterprise . Alat Pemodelan harus memberikan pedoman pengguna untuk kedua proses pemodelan itu sendiri dan untuk penggunaan operasional model. Oleh karena itu alat pemodelan perusahaan desain harus mencakup tidak hanya metodologi pemodelan , tetapi harus memberikan contoh kemampuan berlakunya untuk simulasi proses operasional juga. Yang terakhir juga harus mencakup analisis dan kemampuan evaluasi untuk hasil simulasi.


8.  Enterprise Model ( EM )

Enterprise model( EM ) merupakan operasi perusahaan sebagian besar dalam bentuk proses bisnis . Namun, dalam kasus-kasus tertentu representasi lain mungkin cocok juga. Proses bisnis akan diwakili menggunakan generik konstruksi pemodelan bahasa yang didefinisikan di atas untuk metodologi teknik yang relevan.

Operasi perusahaan biasanya agak rumit dan karena itu sulit untuk memahami jika semua aspek yang relevan dari operasi diwakili dalam model umum . Untuk mengurangi kompleksitas model untuk pengguna , pandangan yang berbeda harus disediakan yang memungkinkan pengguna hanya untuk melihat aspek yang menjadi perhatian .

9.    EOSs - Enterprise Operational Systems (EOSs)

EOSs mendukung operasi dari suatu perusahaan tertentu. Pelaksanaannya dipandu oleh model perusahaan tertentu yang menyediaan spesifikasi sistem dan mengidentifikasi modul yang digunakan perusahaan dalam pelakasanaan sistem perusahaan tertentu.


Daftar Pustaka

  • IFIP-IFAC Task Force, Generalised Enterprise Reference Architecture and Methodology, 1999 Creative Commons CC BY-ND.
  • T.J. Williams, et al., "Architectures for integrating manufacturing activities and enterprises", In: Computers in Industry - Vol. 24, Nrs 2-3
  • ENV 40 003 Computer Integrated Manufacturing - Systems Architecture - Framework for Enterprise Modelling CEN/CENELEC, 1990
  • ENV 12 204 Advanced Manufacturing Technology - Systems Architecture - Constructs for Enterprise Modelling CEN TC 310/WG1, 1995
  • Charles J. Petrie, Jr (1992). Enterprise Integration Modelling; ICEIMT Conference Proceedings, The MIT Press. ISBN 0-262-66080-6
  • http://en.wikipedia.org/wiki/Generalised_Enterprise_Reference_Architecture_and_Methodology


Apabila Sobat blogger ingin mengetahui penjelasan lebih lengkap dan detail, sobat bisa download file-file saya berikut ini, mencakup file versi presentation dan document. Mohon maaf jikalau bahasa penjelasannya njelimet dan membingungkan karena hasil terjemahan mbah google, juga dikarenakan langkanya referensi framework GERAM dalam bahasa Indonesia. Oleh karenanya, saya berharap agar materi ini bisa bermanfaat bagi sobat-sobat yang membutuhkannya. 

Download PPT ----->  GERAM PPT
Dwonload DOC ---->  GERAM DOC


Posted By









Post a Comment