Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Download Naskah dan Source Code Buku Teori dan Aplikasi Pengolahan Citra Karya Abdul Kadir

Buku 'Teori dan Aplikasi Pengolahan Citra' karya Abdul Kadir ini sangat saya rekomendasikan untuk mahasiswa yang baru belajar pengolahan citra di bangku perkuliahan. Bisa juga untuk teman-teman yang ingin mendalami banyak hal berkaitan tentang teori pengolahan citra untuk tugas akhir/ skripsi. 

Saya sangat beruntung bisa menemukan buku ini ketika baru pengenal pengolahan citra Semester V dulu. Saat itu, di jurusan saya, mata kuliah pengolahan citra menjadi momok menakutkan. Mata kuliah ini terkenal susah, bahkan diampu oleh dosen yang luar biasa killer. Lengkap sudah penderitaan ini.  Sehingga, jangan heran jika banyak mahasiswa angkatan atas yang memberikan kesan menakutkan kepada angkatan saya. Memang terbukti, banyak mahasiswa yang mengulang karena mendapatkan nilai A (Ancur). Banyak mahasiswa yang ingin menghindari dosen killer pengampu mata kuliah ini, namun sialnya, hanya sang dosen killer satu-satunya yang mengampunya. 

  Beberapa minggu kami mengikuti mata kuliah pengolahan citra, namun belum juga mudeng apa yang dibahas dosen killer. Sebenarnya, yang kami inginkan di setiap pertemuan kuliah adalah dosen menerangkan teori sekaligus menunjukkan contoh implementasi melalui coding. Akan tetapi, dosen hanya menerangkan teori demi teori. Setelah UTS, kami diberikan kejutan untuk mempersiapkan project akhir dengan tema project yang bisa dibikin judul skripsi. Contoh, deteksi nomor plat mobil melalui citra, deteksi jamur beracun, dll. Semuanya harus menggunakan metode pengolahan citra. Tentu mahasiswa satu angkatan kelabakan dan pingsan mendadak.

Saya sengaja mencari buku pengolahan citra sebagai bahan untuk membuat project, barangkali terdapat contoh source code yang bisa dikembangkan. Alhamdulillah, ingin sujud syukur saat nemu bukunya beliau, Abdul Kadir, yang sangat luar biasa. Beliau core of the core-nya penulis buku IT. Cek saja di google berapa banyak buku beliau. 

Melihat kontennya yang begitu kaya ilmu, saya seakan-akan diajari dari nol tentang teori dan aplikasinya berupa contoh source code menggunakan MATLAB. Lengkap sekali. Dan yang terpenting, ternyata saya mendapatkan kaset CD dari dalam buku. Isinya adalah source code dan softfile naskah. Naskah buku? Saya tidak habis pikir. Buku setebal lebih dari 500 halaman ini naskahnya dibagikan dalam CD. Sangat jarang ada penulis yang ikhlas beramal seperti beliau. Berkat bantuan dari buku ini, akhirnya saya dapat menyelesaikan project akhir mata kuliah pengolahan citra dengan baik dan mendapat nilai A sungguhan.

Untuk kepentingan tersebarnya ilmu pengetahuan. Saya juga ingin membagikan naskah buku ke teman-teman agar bisa mempelajari keilmuan citra ini dengan mudah. Semoga bermanfaat.

BAB 1 - Pengantar Pengolahan Citra

BAB 2 - Pengolahan Dasar Citra

BAB 3 - Operasi Piksel dan Histogram

BAB 4 - Operasi Ketetanggaan Piksel

BAB 5 - Operasi Geometrik

BAB 6 - Pengolahan Citra di Kawasan Frekuensi

BAB 7 - Morfologi Untuk Pengolahan Citra

BAB 8 - Operasi Pada Citra Biner

BAB 9 - Pengolahan Citra Berwarna

BAB 10 - Segmentasi Citra

BAB 11 - Restorasi Citra

BAB 12 - Ekstraksi Fitur Bentukl dan Kontur

BAB 13 - Ekstraksi Fitur Tekstur

BAB 14 - Aplikasi Temu Kembali Citra

LAMPIRAN -  Dasar-Dasar Pemrograman Mengunakan Octave

Source Code Citra menggunakan MATLAB/OCTAVE

Skrip.rar


Hormat kami

Informatika Kita

Post a Comment for "Download Naskah dan Source Code Buku Teori dan Aplikasi Pengolahan Citra Karya Abdul Kadir "