Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kriptografi Dokumen Microsoft Word (.doc) Menggunakan Gabungan Algoritma Hill Cipher dan Cipher Block Chaining

Teringat dua janji yang pernah saya tulis di artikel Perhitungan Manual Algoritma Cipher Block Chaining. Tentang menulis artikel lanjutan mengenai implementasi algoritma cipher block chaining untuk kriptografi teks menggunakan java serta kombinasi algoritma hill Cipher dan cipher block chaining untuk kriptografi dokumen menggunakan java. Kini kedua janji itu saya wujudkan. 
  1. Algoritma Cipher Block Chaining Untuk Kriptografi Teks Berbasis Java
  2. Artikel yang anda baca saat ini
Ide ini berawal dari permintaan teman blogger yang minta dibuatkan aplikasi kriptografi berbasis java gui. Namun tidak sembarang kriptografi, melainkan tentang gabungan algoritma, yaitu hill cipher dan CBC untuk menangani teks. Jika hanya untuk teks biasa yang dientrikan dari text field atau text area, tentu sudah biasa bagi saya. Yang membuat aplikasi ini luar biasa adalah plainteks dan cipherteks harus ditempatkan pada file dokumen berformat khusus. File dokumen yang populer di masyarakat kita adalah dokumen Microsoft Word (.doc). Oleh karena itu, masukan aplikasi adalah file dokumen .doc sedangkan keluarannya juga berbentuk .doc. Postingan ini hanya menjelaskan tentang implementasi aplikasi untuk input dan output file dokumen (.doc). Mungkin bakal ada yang bertanya, mengapa tidak sekalian dokumen berformat .docx, bukankah malah itu versi terbaru ekstensi Ms. Word? Jawabannya sederhana saja. Saya belum bisa. Sekian kali saya coba tetap belum berhasil. Aplikasi bakal saya update kembali jika saya mampu menangani .docx.

Jika teman-teman belum tahu cara menghitung manual hill chiper dan CBC, saya sarankan belajar dulu di postingan saya yang lain. Saya berikan link-nya. Bukan bermaksud apa-apa, hanya mengurangi bingungisasi saja.

  1. Implementasi Enkripsi Teks Menggunakan Algoritma Hill Cipher Pada Java
  2. Implementasi Deskripsi Teks Menggunakan Algoritma Hill Chiper Pada Java
  3. Perhitungan Manual Algoritma Chiper Block Chaining Untuk Kriptografi Teks

Saya tekankan lagi bahwa algoritma yang digunakan adalah algoritma gabungan (combined algorithm), tentu ini sangat menantang. Bahkan belum pernah saya coba sebelumnya. Padahal keduanya pernah saya tulis perhitungan manualnya dan saya uji coba implementasinya. Namun ketika keduanya digabung, jadilah artikel yang teman-teman baca sekarang. Baiklah, secara keseluruhan, aplikasi ini dibuat dalam dua tahapan. Sebagaimana kriptografi pada umumnya, proses enkripsi menjadi urutan pertama yang dibuat, baru membuat deskripsinya.

Proses Enkripsi Pada Aplikasi
  1. Pengguna memilih tombol upload, untuk memilih file berekstensi .doc untuk dijadikan plainteks. 
  2. Sistem secara otomatis akan mendeteksi ekstensi dokumen. Jika dokumen tidak berekstensi .doc, sistem akan menolak dokumen. Jika demikian, pengguna disarankan kembali ke Langkah 1. 
  3. Jika dokumen sesuai dengan kebutuhan sistem, sistem akan menampilkan panjang huruf pada dokumen ter-upload. 
  4. Pengguna mengentrikan Kunci untuk Enkripsi Hill Cipher. 
  5. Pengguna mengentrikan Kunci dan Initialization Vector untuk enkripsi Cipher Block Chaining. 
  6. Pengguna menekan tombol enkripsi agar sistem melakukan proses enkripsi menggunakan gabungan algoritma hill cipher dan CBC. 
  7. Jika kunci sesuai dengan aturan tiap algoritma, maka sistem akan mengerjakan Langkah 8. Jika tidak, kembali ke Langkah 5. 
  8. Sistem melakukan enkripsi gabungan algoritma hill cipher dan CBC dan menghasilkan output berupa dokumen outEnkrip.txt, yang terletak pada direktori yang sama sesuai direktori input. 

Gambar 1. Implementasi Enkripsi Dokumen Menggunakan Gabungan Algoritma Hill Cipher dan CBC







Gambar 1 adalah implementasi enkripsi menggunakan gabungan algoritma hill cipher dan cbc. Dokumen akan dienkripsi terlebih dahulu menggunakan hill cipher, lalu hasil enkripsi hill cipher yang sudah berbentuk cipherteks bakal dienkripsi kembali menggunakan cbc. Untuk proses deskripsinya, kurang lebih sama saja. Hanya prosesnya berkebalikan. Pada proses deskripsi, dokumen terlebih dahulu dideskripsikan oleh cbc, kemudian dideskripsikan lagi oleh hill chiper. Keluaran dari proses deskripsi adalah dokumen .doc yang menghasilkan plainteks sebagaimana sebelum dienkripsi.

Aplikasi ini cocok diterapkan untuk kriptografi artikel, naskah, makalah bahkan skripsi. Aplikasi ini tentu masih mengandung kelemahan, salah satunya adalah hanya mampu mendukung teks. Jika dalam dokumen terdapat gambar, tentu tidak bakal terenkripsi.

Jika teman-teman membutuhkan aplikasi ini tugas akhir maupun skripsi. Silahkan kontak saya WA maupun email Semoga bermanfaat.

Belum sempat saya tulis secara lengkap. Jika teman-teman ingin mendapatkan Program GUI-nya, hubungi saya via WA saja ya. Terima kasih.

Berikut penjelasan saya via youtube


Post a Comment for "Kriptografi Dokumen Microsoft Word (.doc) Menggunakan Gabungan Algoritma Hill Cipher dan Cipher Block Chaining"