Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Enam Komponen Sistem Informasi yang Harus Anda Tahu

Di era serba internet seperti sekarang, mengetahui sistem informasi adalah hal yang wajib. Mungkin saja anda tidak tahu definisi sistem informasi, akan tetapi dalam keseharian, anda secara tidak sadar telah menggunakannya. 

Agar tidak kudet, saya beri tahu definisinya. Sistem informasi adalah sistem yang dibuat oleh manusia, yang terdiri dari komponen-komponen dalam organisasi untuk mencapai satu tujuan. Tujuan apa? Tentu saja menyajikan informasi. Simpelnya, sistem informasi adalah sistem yang menyajikan informasi. 

Sebelum era internet sekalipun, sistem informasi sebenarnya sudah ada. Saya pernah bertanya ke mahasiswa, "Menurut kalian, apa sistem informasi sebelum hadirnya internet?"

"Omongan tetangga, Pak!" 

"Hah, kok bisa, kenapa?" tanya saya penasaran.

"High speed data transfer, Pak!"

Saya tertawa ngakak. 

Omongan tetangga yang menjelma sebagai sistem informasi tentu bikin was-was. Bisa saja sampai telinga panas. Tapi tenang, jangkauannya masih terbatas. Walaupun demikian, kecepatan tersebarnya informasi kadang tak dinyana-nyana, bisa high speed data transfer

Apalagi jika dibantu internet di era sekarang. Bisa jadi, tetangga anda bukan hanya di lingkungan sekitar rumah, namun merambah satu negara. 

Anda sudah tahu banyak bukti adanya tetangga satu negara itu.  

Kehadiran internet memberikan kemudahan luar biasa bagi suatu organisasi untuk menyajikan informasinya, dengan lebih cepat, mudah, dan menjangkau masyarakat luas. 

Enam Komponen Sistem Informasi

Untuk mendukung kelancaran suatu sistem informasi, ada setidaknya enam komponen yang harus anda tahu. Antara lain:

Input, yakni, semua data yang dimasukkan dalam sistem informasi. Dalam hal ini, contoh input adalah dokumen-dokumen, formulir-formulir, dan file-file. Dokumen tersebut dikumpulkan dan dikonfirmasi ke suatu bentuk yang dapat diterima oleh pengolah. 

Proses, adalah kumpulan prosedur yang akan memanipulasi input untuk kemudian disimpan dalam basis data. Juga mengolah basis data menjadi suatu output yang digunakan oleh si penerima informasi. Jadi, inti komponen ini adalah mengubah masukan menjadi keluaran.

Output, merupakan semua keluaran yang sudah diolah menjadi suatu informasi yang berguna dan dapat dipakai penerima. Tentu saja komponen ini pasti berhubungan langsung dengan pemakai sistem informasi dan merupakan tujuan akhir dari pembuatan sistem informasi. 

Teknologi, merupakan bagian yang berfungsi untuk menyediakan masukan, mengolah input hingga menghasilkan keluaran. Teknologi terdiri dari tiga bagian, antara lain perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), perangkat manusia (brainware). Sudah pasti anda bisa dengan mudah memberikan contoh tiga bagian teknologi tersebut. Jika anda bingung, silahkan ambil kembali kuliah pengantar teknologi informasi. 

Basis data, adalah kumpulan data-data yang saling berhubungan, disimpan dalam komputer secara sistematis. Dalam kaitannya dengan sistem informasi, basis data pasti menggunakan database management system (DBMS). Silahkan sebutkan DBMS yang biasa anda gunakan!

Kendali, dalam hal ini merupakan tindakan yang diambil untuk menjaga sistem informasi tetap stabil dan berjalan dengan lancar. Kendali mencegah sistem informasi mengalami gangguan. 

Itu dulu yang bisa saya jelaskan mengenai komponen sistem informasi. Semoga bermanfaat.


Versi PPT sudah tersedia, silahkan unduh DISINI

Post a Comment for "Enam Komponen Sistem Informasi yang Harus Anda Tahu"